Pandagaul.com – Rio de Janeiro terletak diantara pegunungan dan laut. Pemandangannya begitu spektakuler sehingga UNESCO mengutip “lokasi yang sangat indah untuk salah satu kota terbesar di dunia” dalam menamai Rio sebagai Situs Warisan Dunia.

Penghargaan UNESCO tidak hanya untuk pengaturan alam tetapi juga untuk lanskap budaya perkotaan dan campuran arsitektur dan ruang hijau terencana yang menjadi ciri pertumbuhan kota.

Rio de Janeiro adalah kota besar kedua di Brasil dan merupakan ibu kotanya dari tahun 1763 hingga 1960, ketika Brasilia didirikan. Kota ini didirikan oleh penjajah Portugis pada pertengahan tahun 1500-an dan menjadi pelabuhan pengiriman emas dari daerah pertambangan pedalaman. Bagi anda yang jatuh cinta dengan kekayaan budaya kota ini, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata wajib berikut ini.

Tempat Wisata di Rio de Janeiro Yang Wajib Dikunjungi

Cristo Redentor (Kristus Penebus)

10 Best Things to Do in Rio de Janeiro - What is Rio de Janeiro Most Famous  For? - Go GuidesPatung Kristus raksasa yang menghadap ke kota dari puncak Corcovado setinggi 709 meter hampir secara luas diakui sebagai simbol Rio sebagai bentuk khas Sugarloaf. Landmark yang terkenal di dunia ini didirikan antara tahun 1922 dan 1931, dibiayai hampir seluruhnya oleh kontribusi dari umat Katolik Brasil.

Di dalam pangkalan setinggi delapan meter adalah sebuah kapel, di mana tidak jarang ditemukan pernikahan dan pembaptisan berlangsung.

Sugarloaf

SugarLoaf | Rio in Tours &Travel

Landmark paling terkenal di Rio de Janeiro adalah puncak batu Sugarloaf, yang menjulang 394 meter di atas pelabuhan. Itu terletak di sebuah titik tanah yang menonjol ke teluk dan mengelilingi pelabuhannya, dan terhubung ke kota oleh sebidang tanah rendah.

Anda dapat naik kereta gantung dari Praça General Tibúrcio ke puncak Morro da Urca, puncak yang lebih rendah dari mana jalur kabel kedua menuju puncak Sugarloaf. Dari sini, Anda dapat melihat seluruh pantai pegunungan yang mengelilingi teluk dan pulau-pulaunya.

Copacabana

Fort Copacabana - WikipediaBeberapa kota diberkati dengan pantai pasir yang indah di jantungnya, apalagi yang membentang empat kilometer di sepanjang satu sisi pusat kotanya. Beberapa langkah dari pasir keemasannya adalah Avenida Atlântica, Avenida Nossa Senhora de Copacabana. Selain itu anda akan menemukan jalan-jalan kecil di sekitarnya yang akan menemukan bangunan-bangunan berusia seabad yang menarik, hotel-hotel mewah, serta restoran dan kafe populer.

Raja daerah yang tidak diragukan lagi, dan hotel-hotel Rio, adalah Istana Copacabana yang terkenal, dibangun pada tahun 1920-an dan sekarang dilindungi sebagai monumen nasional.

Taman Nasional Tijuca

Tijuca National Park travel guidebook –must visit attractions in Rio de  Janeiro – Tijuca National Park nearby recommendation – Trip.comTaman Nasional Tijuca melindungi Hutan Tijuca dan beberapa sudut pandang yang menghadap ke kota. Untuk menjelajahi taman, Anda dapat meninggalkan kereta ke Corcovado di titik tengah dan mengikuti jalan melalui hutan.

Hutan Tijuca seluas 3.300 hektar, salah satu hutan terbesar di dunia di dalam kota, ditanam pada akhir tahun 1850-an. Sebagian besar pohon adalah spesies asli dan menyediakan habitat bagi banyak spesies satwa liar lainnya.

Pantai Prainha

Prainha Beach - Travel Expert WikiPantai ini menampilkan hutan hujan yang bertemu lautan. Sehingga pantai ini lebih alami daripada yang ada di jantung kota Rio. Pasir keemasan dan bongkahan batu bulat besar terhampar di tepi laut. Jika Anda suka berselancar, ini adalah tempat untuk melakukannya.

Santa Tereza dan Escadaria Selaron

Escadaria Selarón - Things To Do in Rio de Janeiro - LikeALocal GuideSebuah distrik jalan curam, tenang dan rumah-rumah berusia ratusan tahun, Santa Tereza adalah lingkungan paling atmosfer Rio. Kafe dan restorannya adalah favorit para seniman dan intelektual yang menambah suasana Bohemia. Meskipun pesona terbesarnya dapat ditemukan di jalan-jalannya, ada beberapa atraksi dan hal yang dapat dilakukan. Di antaranya gereja dan biara Santa Tereza, yang berdiri sejak tahun 1720.

Sao Bento

The BEST Sao Bento Monastery Culture & History 2021 - FREE Cancellation |  GetYourGuideDi bukit tepat di atas pelabuhan terdapat gereja dan biara São Bento, salah satu kompleks Benediktin terbaik di Brasil. Gereja tahun 1617 yang asli tidak memiliki gang sampai kemudian diperbesar pada paruh kedua abad ke-17. Seniman terbaik dari ordo Benediktin terlibat dalam dekorasi interior.