Pandagaul.com – Migrain adalah gangguan sakit kepala primer yang ditandai dengan sakit kepala berulang yang sedang hingga parah. Biasanya, mingrain mempengaruhi satu sisi kepala, berdenyut, dan berlangsung dari beberapa jam sampai tiga hari.

Gejala terkait mungkin termasuk mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya, suara, atau bau. Migrain diyakini disebabkan oleh campuran faktor lingkungan dan genetik. Perubahan kadar hormon mungkin juga berperan, karena migrain mempengaruhi sedikit lebih banyak anak laki-laki daripada anak perempuan sebelum pubertas dan dua sampai tiga kali lebih banyak pada perempuan daripada laki-laki.

Mekanisme yang mendasari migrain tidak sepenuhnya diketahui. Mereka, bagaimanapun, diyakini melibatkan saraf dan pembuluh darah otak. Bagi anda yang pernah mengalami migrain, pasti tahu bagaimana menyiksanya. Berikut ini adalah beberapa penyebab migrain yang mungkin perlu anda ketahui.

Penyebab Migrain Mengganggu Yang Perlu Anda Ketahui

Stress

Stres - Gejala, penyebab dan mengobati – AlodokterPeningkatan atau penurunan dramatis dalam stres fisik atau psikologis dapat memicu migrain. Sebuah penelitian melaporkan bahwa antara 50 dan 80 persen orang dengan migrain mengatakan stres memicu sakit kepala migrain mereka. Beberapa orang mengalami migrain setelah peristiwa yang membuat stres, sementara yang lain mengalami serangan baru di tengah peristiwa yang membuat stres.

Kurang tidur atau jet lag

A Consistent Lack of Sleep Can Potentially Cause Heart DiseaseGangguan tidur adalah salah satu faktor paling umum yang terkait dengan migrain. Kurang tidur sering disebut-sebut sebagai pemicu serangan migrain akut. Tidur berlebihan juga merupakan pemicu yang sering dilaporkan.

Jet lag dan perubahan jadwal kerja Anda juga dapat dikaitkan dengan timbulnya migrain. Insomnia adalah gangguan tidur paling umum yang terkait dengan migrain kronis. Orang yang memiliki migrain kronis serta insomnia berada pada peningkatan risiko kecemasan atau depresi.

Kondisi ini memiliki satu kesamaan: gangguan tidur. Namun, banyak orang melaporkan bahwa tidur sering meredakan sakit kepala migrain mereka.

Kelaparan atau dehidrasi

How Dehydration Affects the Body | DispatchHealthOrang dengan migrain sebaiknya menghindari melewatkan makan. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa melewatkan makan sering dikaitkan dengan timbulnya migrain. Masih belum pasti bagaimana ini terjadi. Ini mungkin terkait dengan penurunan kadar glukosa darah.

Dehidrasi juga telah disarankan sebagai kemungkinan pemicu migrain. Kegagalan untuk minum cukup air telah dikaitkan dengan timbulnya sakit kepala.

Minuman berkafein tinggi

Coffee vs. Red Bull: Nutrients, Caffeine, and RecommendationBeberapa ahli telah melaporkan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan dapat memicu migrain. Karena itu, sebaiknya pantau asupan kafein dari kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Minuman energi dapat memiliki kadar kafein yang sangat tinggi.

Bau aneh atau kuat

UPDATE: DEQ discovers the source of 'bad smell' in Idaho Falls - East Idaho  NewsOrang dengan migrain sering melaporkan bahwa bau yang kuat atau tidak biasa memicu sakit kepala mereka. Mereka sering menyebut parfum, khususnya, sebagai pemicu. Selain itu, sekitar setengah dari penderita migrain melaporkan intoleransi terhadap bau selama serangan. Fenomena ini dikenal sebagai osmofobia dan unik untuk orang dengan sakit kepala migrain.

Selama migrain, asap rokok, bau makanan, dan aroma seperti parfum ditemukan sebagai bau yang paling sering mengganggu.

Lampu terang dan suara keras

Migrain - Gejala, penyebab dan mengobati - AlodokterBeberapa orang melaporkan bahwa cahaya terang, berkedip, atau berdenyut, atau suara keras, dapat menjadi pemicu migrain.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa paparan sinar matahari yang singkat pun dapat memicu migrain. Sinar matahari memicu migrain jika dia sudah kurang tidur, stres, dehidrasi, atau mengalami gula darah rendah karena melewatkan makan. Kesimpulannya adalah bahwa cahaya terang mungkin semacam pemicu sekunder.

Orang-orang yang serangan migrainnya tampaknya dipicu oleh cahaya terang harus mempertimbangkan apakah faktor-faktor lain ini juga dapat menjadi pemicunya.