Pandagaul.com – Kebudayaan Indonesia yang beragam membuat kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang beragam juga. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia juga memadai terhadap keunikan kuliner yang berada di nusantara.

Kuliner Indonesia terkenal akan cita rasa dan rempah-rempahnya yang lezat. Setiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa keunikannya masing-masing. Hal ini tentunya tidak lepas dari pengaruh geografis dan juga budaya masyarakat lokal. Banten adalah provinsi yang terdapat di wilayah paling barat Pulau Jawa. Provinsi ini terkenal oleh banyaknya wisata pantai.

Posisi geografis Banten membuat daerah ini terkenal akan hidangan lautnya yang unik dan juga lezat. Bagi anda yang ingin mengunjungi Banten maupun mencicipi hidangan lokalnya, berikut yang wajib anda coba.

Kuliner Lezat Khas Banten Yang Terkenal Lezat dan Unik

Angeun Lada

 

Mengintip 5 Makanan Khas Nusantara yang Nyaris Punah, Sudah Cicip Semua?

Dalam bahasa Sunda, ‘angeun’ berarti sayur, dan ‘lada’ berarti pedas. Kuliner khas Banten satu ini berisi sayur kuah bening dengan warna sedikit kemerahan. Sayur khas Banten ini memiliki rasa pedas yang berasal dari serai, serta aroma menyengat dari lengkuas, kemiri, dan kencur yang terasa begitu dominan.

Tekstur empuk pada daging sapi yang dimasak juga begitu sempurna ketika masuk tenggorokan. Angeun lada biasa disajikan pada hari-hari besar seperti Idul Fitri. Selain itu, angeun lada juga biasa dimasak untuk menyambut tamu pada acara-acara besar.

Nasi Bakar Sumsum

Nikmatnya Nasi Bakar Sumsum ala Serang - Kompasiana.comNasi sumsum dan nasi bakar sumsum menjadi salah satu makanan khas Serang yang harus anda cicipi. Hidangan yang satu ini sudah terkenal dan menjadi ciri khas masyarakat Banten. Selain itu, tentunya kita sudah tahu kalau nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia.

Hidangan unik dan lezat ini dibuat dengan nasi, sumsum sapi, minyak sayur, serai, daun pisang, dan bumbu-bumbu pendamping lainnya.

Sate Bandeng

Mencicipi Sate Bandeng, Kuliner Khas Banten - pesonaindonesia.kompas.comBentuknya sama sekali berbeda dengan sate yang biasa kita tahu, karena sate bandeng ini lebih mirip otak-otak bandeng yang dililit. Duri yang ada dalam ikan dipisahkan dengan dagingnya, dihancurkan, diolah bersama rempah, lalu dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan, sehingga bentuknya seperti utuh. Karena duri ikan telah dibuang, jadi kamu gak perlu was-was lagi untuk  menyantapnya. Ikon kuliner Kota Serang, Banten.

Rabeg

Resep Rabeg Daging Sapi BantenMasyarakat Banten biasa menyebut makanan akulturasi Arab-Banten ini dengan nama rabeg. Bahan baku utamanya adalah daging dan jeroan kambing, yang dalam bahasa Jawa dialek Serang atau Jawa Serang disebut wedhus. Bicara rasa, kamu akan merasakan manis pedas seperti semur bercampur tongseng, tetapi kaya rempah-rempah.

Sate Bebek

 

Jika anda terbiasa menyantap sate ayam atau kambing, maka anda harus mencicipi makanan khas Banten ini karena tidak biasa. Ini merupakan salah satu rekomendasi kuliner unik di Serang Banten, yakni sate bebek.

Daging bebek dibuat menjadi potongan-potongan kecil. Cara memasaknya juga perlu keuletan untuk menghilangkan bau amis bebek. Bebek harus direndam dengan bumbu selama sekitar satu hari sebelum bebek bisa dipanggang. Ini biasanya disajikan dengan kecap atau saus kacang.

Sambal Buroq

Meriahnya Makan Dengan Sambal Buroq | kumparan.comSambal buroq atau sambal burog kerap dihidangkan di berbagai acara, terutama saat hajatan jelang musim haji. Hal wajib khas Banten ini sebenarnya sangat sederhana, yakni terdiri dari kulit melinjo atau kulit tangkil yang dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan daun salam.