Pandagaul.com – Indonesia adalah sebuah negara multi etnis dan multi ras. Keragaman tersebut membuat Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda-beda. Kebudayaan Indonesia yang beragam membuat kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang beragam juga. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia juga memadai terhadap keunikan kuliner yang berada di nusantara.

Kuliner Indonesia terkenal akan cita rasa dan rempah-rempahnya yang lezat. Makanan tradisional Indonesia biasanya berbahan dasar daging dibumbui oleh rempah-rempah yang menambah cita rasanya. Ada juga buah-buahan seperti rujak. Beberapa makanan tradisional Indonesia juga ada yang berbahan dasar sayuran dan cita rasanya tidak kalah lezat dibandingkan makanan tradisional yang berbahan dasar daging.

Pentingnya sayuran bagi kesehatan tubuh sangatlah penting. Oleh karena itu, beberapa makanan tradisional khas Indonesia berbahan dasar sayuran dan tentunya terasa lezat karena digemari oleh banyak orang baik warga lokal maupun para wisatawan mancanegara,

Berbahan dasar sayuran bukan berarti mengurangi cita rasa suatu masakan. Jika diolah dengan benar, suatu masakan yang berbahan dasar sayuran pun akan terasa sangat lezat. Kelezatan suatu hidangan akan membawa kepopuleran terhadapnya dan merujuk pada kegemaran masyarakat terhadapnya. Berikut ini adalah 5 makanan tradisional khas Indonesia yang berbahan dasar sayuran.

Makanan Khas Indonesia Yang Berbahan Dasar Sayuran

Gado-Gado

Viral di Twitter, Gado-gado Ditata Cantik Bak Sajian Hotel, Netizen Tampak Tak Terima - Tribun Palu

Gado-gado adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Indonesia yang berbahan dasar sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu. Sayuran tersebut disajikan dengan bumbu kacang dari kacang tanah yang dihaluskan, dan dilengkapi dengan irisan telur dan kentang rebus. Gado-gado sering kali disajikan dengan bawang goreng, emping, dan kerupuk. Gado-gado dapat dimakan begitu saja, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau lontong.

Urap

Cara Membuat Urap Yang Lezat dengan Berbagai Macam Sayuran Segar — Royal TumpengMakanan tradisional berbahan dasar sayur berikutnya adalah urap. Urap adalah hidangan khas dari daerah Jawa. Hidangan sayuranan ini terdiri dari kangkung, bayam, atau daun singkong direbus, kemudian diberi taburan kelapa parut yang telah dibumbui. Urap kerap disantap sebagai lauk dan dimakan bersama dengan nasi dan lauk lainnya.

Plecing Kangkung

Resep Plecing Kangkung Bikin Sajian Makan Siang Jadi Lengkap

Makanan tradisional berbahan dasar sayuran lainnya adalah plecing kangkung. Plecing kangkung adalah hidangan khas dari daerah lombok. Plecing kangkung adalah makanan yang cukup sederhana. Hidangan ini terbuat dari kangkung rebus yang disiram dengan sambal tomat yang dicampur dengan terasi. Biasanya plecing kangkung ditaburi kacang tanah sebagai pelengkap.

Sayur Asem 

Sayur Asem, Kekayaan Sajian Nusantara dengan Filosofi Unik di Dalamnya - Cerita Kulina

Makanan tradisional berbahan dasar sayuran lainnya adalah sayur asem. Sayur asem memiliki banyak variasinya. Sayur asem adalah hidangan sayur kuah yang menggunakan asam jawa yang dilarutkan dalam kuah untuk menciptakan perpaduan rasa asam dan gurih. Isi dari sayur asem biasanya berupa sayur nangka, labu siam, jagung rebus, melinjo, kacang tanah, dan kacang panjang. Sayur asem kerap dijadikan sebagai hidangan pendamping pada ayam goreng maupun hidangan goreng lainnya.

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh ~ Resep | Tastemade

Makanan tradisional berbahan dasar sayuran lainnya adalah sayur lodeh. Sayur lodeh adalah hidangan sayur kuah santan yang kerap dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi putih. Isi dari sayur lodeh biasanya adalah nangka muda, kacang panjang, tahu, tempe, dan labu siam.