Pandagaul.com – Testosteron adalah hormon seks pria utama, tetapi wanita juga memiliki sejumlah kecil. Ini adalah hormon steroid, diproduksi di testis pria dan ovarium wanita.

Selama masa pubertas pada anak laki-laki, testosteron adalah salah satu pendorong utama perubahan fisik seperti peningkatan otot, suara yang lebih dalam, dan pertumbuhan rambut. Namun, memiliki tingkat optimal juga penting sepanjang masa dewasa dan bahkan selama usia tua. Pada orang dewasa, tingkat kesehatan penting untuk kesehatan umum, risiko penyakit, komposisi tubuh, fungsi seksual, dan hampir semua hal lainnya.

Selain itu, meningkatkan kadar testosteron Anda dapat menyebabkan peningkatan yang cepat dalam massa otot dan vitalitas hanya dalam hitungan minggu. Menariknya, itu juga memainkan peran penting dalam kesehatan wanita dan kesejahteraan seksual.

Bagi anda yang penasaran dengan bagaimana cara meningkatkan hormon testoteron, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk meningkatkan kadar testosteron.

Inilah Cara Meningkatkan Hormon Testoteron Secara Alami

Latihan dan Angkat Beban

Olahraga Angkat Beban Baik untuk Pasien Diabetes, Ini Manfaatnya!Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah banyak penyakit terkait gaya hidup. Menariknya, itu juga dapat meningkatkan testosteron Anda.

Latihan ketahanan, seperti angkat beban, adalah jenis latihan terbaik untuk meningkatkan testosteron baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga bisa sangat efektif, meskipun semua jenis latihan harus bekerja sampai batas tertentu.

Mengambil kafein dan creatine monohydrate sebagai suplemen dapat lebih meningkatkan level Anda ketika dikombinasikan dengan program pelatihan.

Makan Lebih Banyak Protein, Lemak dan Karbohidrat

Can You Swap Macros? - Swapping Carbs For Fats - Macros IncApa yang Anda makan memiliki dampak besar pada testosteron serta kadar hormon lainnya. Karena itu, Anda harus memperhatikan asupan kalori dan strategi diet jangka panjang Anda.

Makan cukup protein dapat membantu menjaga tingkat kesehatan dan membantu menghilangkan lemak, yang juga terkait dengan testosteron Anda. Asupan karbohidrat juga berperan, dengan penelitian menunjukkan karbohidrat dapat membantu mengoptimalkan testosteron.

Diet yang didasarkan terutama pada makanan utuh adalah yang terbaik, dengan keseimbangan lemak, protein, dan karbohidrat yang sehat. Ini dapat mengoptimalkan kadar hormon dan kesehatan jangka panjang.

Minimalkan Stres dan Tingkat Kortisol

Mengenal Tingkatan, Jenis Stres, dan Penanganannya | QuBisaPenelitian selalu menyoroti bahaya stres jangka panjang, yang dapat meningkatkan kadar hormon kortisol. Peningkatan kortisol yang tidak wajar dapat dengan cepat mengurangi testosteron. Hormon-hormon ini bekerja seperti jungkat-jungkit: saat yang satu naik, yang lain turun.

Untuk tingkat kesehatan dan hormon yang optimal, Anda harus mencoba mengurangi situasi stres yang berulang dalam hidup Anda. Fokus pada diet berdasarkan makanan utuh, olahraga teratur, tidur nyenyak, tawa, dan gaya hidup seimbang, yang semuanya dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan dan kadar testosteron Anda.

Dapatkan Sinar Matahari atau Konsumsi Suplemen Vitamin D

NICE sun exposure guideline | NICE guideline | GuidelinesVitamin D dengan cepat menjadi salah satu vitamin paling populer di dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa ia memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan juga dapat berfungsi sebagai penguat testosteron alami.

Pada orang tua, vitamin D dan kalsium juga mengoptimalkan kadar testosteron, yang menyebabkan penurunan risiko jatuh. Untuk meningkatkan testosteron dan menuai manfaat lain dari vitamin D, cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara teratur atau konsumsi sekitar 3.000 IU suplemen vitamin D3 setiap hari.

Dapatkan Tidur Berkualitas Tinggi

Science Proves Why Good Sleep Is Critical to Your Success | Inc.comTidur nyenyak sama pentingnya dengan kesehatan Anda seperti diet dan olahraga. Ini mungkin juga memiliki efek besar pada kadar testosteron Anda. Meskipun beberapa orang tampaknya baik-baik saja dengan kurang tidur, penelitian menunjukkan sekitar 7-10 jam tidur per malam adalah yang terbaik untuk kesehatan jangka panjang dan testosteron Anda.